Petunjuk Penulis

  1. Artikel dalam Jurnal SOLMA mencakup hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang belum pernah dipublikasikan pada media lainnya.
  2. Artikel yang dikirimkan ditulis dalam format MS Word (doc/docx).
  3. Semua tulisan yang masuk akan di-review dan penulis akan diminta untuk merevisi artikelnya berdasarkan arahan editor apabila diperlukan.
  4. Tim editor memiliki hak hanya untuk memberikan koreksi sederhana terkait dengan susunan kalimat.
  5. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia mengikuti aturan APA. Gaya penulisan citasi, referensi, tabel, dan gambar dapat langsung mengikuti bentuk Template artikel.
  6. Aturan untuk artikel berbasis kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu:
    • Judul (maksimum 16 kata);
    • Nama penulis (tanpa gelar akademik);
    • Abstrak (maksimum 250 kata);
    • Pendahuluan (tanpa sub-judul) terdiri dari latar belakang, sedikit referensi,
    • Deskripsi masyarakat/mitra/target dan tujuan kegiatan pengabdian;
    • Masalah;
    • Metode pelaksanaan;
    • Pembahasan;
    • Kesimpulan;
    • Referensi (hanya mencantumkan sumber yang dikutip).
  7. Artikel ditulis menggunaka font Times New Roman ukuran 12, dengan spasi antar baris 1.5 (spasi 1 untuk abstrak), ukuran kertas A4 dengan banyak halaman maksimum 10 halaman.
  8. File dikirimkan secara online melalui laman OJS Jurnal Solma melalui menu SUBMISSION
  9. Nama penulis (Author) dicantumkan tanpa gelar akademik, diikuti dengan nama institusi yang terafiliasi dengan penulis dan alamat email.
  10. Judul artikel ditulis dengan huruf KAPITAL pada posisi tengah ukuran font 14 dan tebal.
  11. Referensi yang digunakan hendaknya merupakan sumber utama/primer dan terbit dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, sangat diharapkan untuk mensitasi artikel pada Jurnal SOLMA yang telah terbit.
  12. Penulis hendaknya menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley, EndNote, atau Zotero.
  13. Kami memberlakukan double blind review, dimana reviewer dan penulis tidak saling mengetahui nama satu sama lain selama proses berlangsung. Reviewer dipilih berdasarkan bidang keahliannya. Editor akan mengembalikan artikel kepada penulis setelah melalui proses review untuk direvisi oleh penulis. Editor bertanggungjawab untuk memberikan keputusan akhir, menerima atau menolak, dan akan menginformasikan kepada penulis melalui email.
  14. Penulis bertanggung jawab terhadap semua isi artikel yang telah dibuat dan terhadap penggunaan kutipan atau salinan atau adaptasi tabel/gambar yang terpublikasi pada media cetak maupun elektronik lainnya. Semua konten yang tidak disertai bukti/kutipan akan dianggap orisinil milik penulis. Penerbit tidak bertanggung jawab secara resmi apabila terdapat complain maupun klaim untuk kompensasi di kemudian hari.
  15. Penulis yang artikelnya diterbitkan akan memperoleh jurnal cetak sebanyak satu eksemplar. Biaya pengiriman jurnal tidak ditanggung oleh penerbit. Artikel yang tidak lolos terbit tidak akan kami kembalikan kecuali bila ada permintaan dari penulis.